gender

Kesetaraan Gender

Kesetaraan Gender

Zaman sekarang gender perempuan dan laki-laki dianggap setara, setara dalam arti tugas dan pekerjaan laki-laki bisa dikerjakan oleh perempuan, dan begitu pula sebaliknya. Baik perempuan dan laki-laki kini dituntut serba bisa. Tak ada masalah jika perempuan menjadi seorang pemimpin, contohnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Bahkan laki-laki juga bisa menjadi seorang juru bicara yang biasanya dilakukan perempuan yakni Johan Budi yang pernah menjadi Jubir KPK dan sekarang menjadi Jubir Presiden. Masing-masing dari mereka memiliki banyak prestasi dan penghargaan selama mengemban tugas.
Di daerah Siwalankerto pun juga terdapat figur seperti Tri Rismaharini dan Johan Budi yakni Lurah Siwalankrto, Ruri Damayanti dan Sekretaris LPMK Siwalankerto, Moh. Ali

Profil

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa perempuan menjadi pemimpin sangat mustahil dan tidak akan kuat mental, tetapi semua itu tidak berlaku untuk Lurah Siwalankerto ini. Perempuan kelahiran Surabaya 24 Oktober 38 tahun yang lalu ini adalah lurah perempuan pertama yang dimiliki oleh Siwalankerto. Dia pernah menempuh pendidikan di SDN Ketabang I, SMPN 6, SMAN 16, lalu melanjutkan studinya ke perguruan tinggi S1 di UBAYA dengan fakultas Ilmu Hukum dan S2 di UNAIR dengan mengambil Ilmu Hukum Pemerintahan.

Sebelum menjadi lurah, anak pertama dari dua bersaudara ini pernah bekerja menjadi Satpol PP Pemda Sleman, Kepala sub bagian umum dan kepeg kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kasi Perekonomian kecamatan Gununganyar.
Menjadi seorang lurah yang memimpin Siwalankerto bukan kali pertama yang dirasakan oleh perempuan yang kelahiran 1978 ini, sebelumnya ia telah menjadi pemimpin meskipun di lingkup yang lebih kecil. 

Banyak prestasi dan penghargaan yang telah ditoreh Rury Damayanti selama menjabat sebagai lurah. Misalnya piagam penghargaan Kampung Sanitasi Terbaik, piagam penghargaan Partisipasi Masyarakat Terbaik Kategori Maju, piagam penghargaan Pengelolaan Lingkungan Tebaik Green and Clean kategori berkembang 2015, piagam penghargaan Pelaksana 10 Program Pokok PKK Tingkat Surabaya 2017, Juara I Penilaian Kinerja LKMK Tingkat Kota Surabaya tahun 2016, piala Juara II Lomba Pelaksana Gotong Royong Masyarakat Terbaik Tingkat Kota Surabaya tahun 2016, piala Juara III Lomba Kelurahan Berhasil Tingkat Kota Surabaya tahun 2016.
Banyak pengalaman, suka maupun duka yang sudah dirasakan oleh ibu dari For days rino pidekso. Tetapi dengan ketegasan, ikhlas dan jalan sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh walikota membuatnya merasa senang dan nyaman sebagai pemimpin Siwalankerto.

Profil

Kata siapa sekretaris harus seorang perempuan? Kata siapa laki-laki tidak bisa menyimpan arsip administrasi pembukuan suatu organisasi? 

    Semua pertanyaan ini jawabannya tidak semua sekretaris harus perempuan dan laki-laki bisa menjadi seketaris organisasi, contohnya Moh. Ali. Lelaki kelahiran 11 Juli 1971 memiliki banyak pengalaman di bidang sekretaris keorganisasian, baik di lingkup tingkat Rukun Warga (RW) sampai tingkat LPMK Kelurahan Siwalankerto. 

    Kecintaannya dengan organisasi sudah ada sejak duduk di bangku SMP hingga sekarang berada di tengah masyarakat. Sebelum menjadi sekretaris di tingkat RW, lelaki asli lamongan ini ditunjuk menjadi ketua istigosah di masjid Mubarok RW 06 dari tahun 1999 sampai sekarang. 

    Merasakan menjadi sekretaris selama 2 periode dari tahun 2011-2013 dan 2014-2016, membuatnya mantap untuk menjadi sekretaris di LPMK Siwalankerto selama 2 periode. Ketika ditunjuk sebagai sekretaris, lelaki yang akrab dipanggil Ali ini hanya menjawab, “Saya akan berusaha menjalankan amanah ketika saya ditunjuk sebagai sekretaris pengurus RW dan LPMK Siwalankerto,". Beliau sama sekali tidak merasa terbebani untuk menjadi sekretaris.

    Menjadi seketaris tingkat LPMK pun tidaklah mudah, ketika ada lomba maupun ada rapat pengurus, ia diwajibkan untuk hadir dan mengikuti. Tetapi jika di pagi hari beliau dan ketua mengaku tidak bisa mengikutinya karena ada kewajiban mengajar.     

    Inilah kesetaraan gender yang ada di lingkungan Siwalankerto, dimana perempuan bisa menjadi seorang pemimpin dengan ketegasan dan kedisiplinannya, sedangkan lelaki bisa menjadi seorang sekretaris organisasi yang dikerjakan dengan tulus, ikhlas dan amanah.

Walaupun perempuan dan laki-laki saat ini kedudukannya setara, tetapi yang membedakan ada di dalam Rumah Tangga, dimana laki-laki menjadi seorang pemimpin dan imam untuk istri dan ayah untuk anak-anaknya. Begitu pula sebaliknya, perempuan ketika berada di dalam rumah tangga kedudukannya menjadi seorang istri dan Ibu. 

PRESTASI BU RURY SELAMA MENJABAT LURAH DI KELURAHAN SIWALANKERTO

JUARA III LOMBA KELURAHAN BERHASIL TINGKAT KOTA SURABAYA TAHUN 2015
JUARA I PENILAIAN KINERJALKMK TINGKAT SURABAYA TAHUN 2016

SERTIVIKAT KLOMPOK TANI SRIKANDI

 PIAGAM PENGHARGAAN KAMPUNG SANITANI TERBAIK

PIAGAM PENGHARGAAN TIM PENGGERAK TERBAIK

 PIAGAM PENGHARGAAN GREEN END CLEAN

JUARA I PENILAIAN KINERJALKMK TINGKAT SURABAYA TAHUN 2016

 

About KIM Siwalankerto

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.